SUSUNAN ACARA LAMARAN PERNIKAHAN SEDERHANA, SIMPEL DAN LENGKAP

Pernikahan merupakan acara sakral nan hikmat yang menjadi momen besar bagi kehidupan,  karena kedua mempelai akan mengarungi sebuah kehidupan yang baru bersama pasangan. Beberapa calon pengantin menginginkan acara lamaran yang sederhana namun bermakna. 

Acara lamaran lazimnya di adakan di rumah calon pengantin wanita. Acara lamaran sendiri bermakna sebagai sebuah permohonan dari calon pengantin pria yang berniat untuk  mem-persunting calon mempelai wanita dan menyampaikannya kepada kedua orang tuanya. Acara lamaran ini biasanya di adakan beberapa minggu sebelum hari pernikahan serta di hadiri oleh keluarga dekat maupun teman baik dari kedua belah pihak mempelai.


SUSUNAN ACARA LAMARAN SEDERHANA

Sebaiknya anda menyusun acara lamaran sebelum hari H berlangsung dan ada baiknya anda melibatkan seluruh anggota keluarga maupun sahabat baik anda, sehingga acara berlangsung lancar sekaligus me-minimalisir masalah yang terjadi. Berikut susunan lamaran sederhana yang sudah calonku.com rangkum special untuk anda:

Calon Mempelai Pria Datang Menuju ke Rumah Calon Mempelai Wanita

Calon mempelai pria akan membawa kedua orang tua, keluarga besar yang terdiri dari kerabat dekat dengan seserahan berisi keperluan dari calon mempelai wanita yang kemudian di serahkan kepada calon mempelai wanita. Keluarga mempelai wanita akan menyambut keluarga mempelai pria yang datang sembari mem-persilahkan mereka dengan berbagai sambutan yang telah disiapkan.


MC lamaran Membuka Acara

MC atau pembawa acara lamaran akan membuka sekaligus mengarahkan jalannya acara. Ia akan menjelaskan mengenai susunan acara lamaran termasuk  menjelaskan dengan singkat mengenai profil kedua calon mempelai. Misalnya perjalanan cinta dari kedua calon mempelai.


Tujuan Acara Lamaran

Calon pengantin pria akan menerangkan maksud dan tujuan kedatangannya sementara orang tua atau pendamping calon pengantin pria juga akan menyampaikan keinginan untuk mempersunting  calon pengantin wanita kepada orang tua dari pengantin wanita.


Jawaban Dari Calon Pengantin Wanita

Calon mempelai wanita akan menjawab pertanyaan akan lamaran dari orang tua atau perwakilan dari calon pria. Ia berhak menerima maupun menolak lamaran dari calon pengantin pria. Apabila pengantin wanita menerima lamaran calon pengantin pria maka sesi acara lamaran akan berlanjut ke sesi selanjutnya.


Penyerahan Seserahan

Seserahan yang di bawa oleh calon pengantin pria dan keluarga akan di serahkan kepada calon pengantin wanita. 


Tukar Cincin

Tukar cincin adalah sebuah simbol mengikat bahwa kedua calon mempelai sudah serius untuk menikah dan berencana mendaftarkannya pada lembaga keagamaan. 

Mengenai acara selanjutnya lebih pada sesi pendekatan dari kedua belah pihak calon mempelai yang akan membicarakan mengenai akad nikah atau resepsi nantinya dan tidak lupa juga pembacaan doa.  Dalam sesi penutup biasanya tuan rumah akan mempersilahkan keluarga calon mempelai pria maupun para tamu yang hadir dapat menikmati makanan yang sudah di persiapkan sebelumnya.


SUSUNAN SINGKAT ACARA PERNIKAHAN

Acara lamaran yang berlangsung hikmat kemudian disambung dengan acara pernikahan dan dalam acara pernikahan yang sederhana kali ini calonku.com merangkumnya sebagai berikut:

Akad nikah merupakan sebuah prosesi penting karena dengan adanya Ijab Kabul berarti kedua mempelai telah sah secara agama sebagai sepasang suami dan istri. Biasanya acara akan dibuka oleh pembawa acara yang menyambut para tamu lalu dilanjutkan dengan bacaan suci ayat Alquran dimana diharapkan kedua mempelai mendapatkan keberkahan dari tuhan yang maha esa.

Pihak pengantin pria datang sembari membawa seserahan sekaligus sambutan dan pengantin wanita juga akan menyambut kehadiran pengantin pria, selanjutnya ada khutbah nikah yang dihaturkan oleh petugas dari Kantor Urusan Agama (KUA) atau penghulu.

Hal terpenting dalam acara pernikahan adalah ijab kabul dimana calon pengantin pria duduk di hadapan penghulu  maupun saksi dan melapalkan ijab kabul sementara orang tua atau wali dari pihak perempuan menikahkan putrinya dengan calon suaminya dan apabila ijab kabul lancar maka keduanya telah sah menjadi suami istri sehingga lantunan doa – doa untuk kedua mempelai mulai dibaca oleh pak penghulu dan setelah sah karena ijab kabul maka kedua mempelai lalu menandatangani sejumlah dokumen pernikahan, termasuk buku nikah di mana pernikahan sah baik secara agama maupun negara.

Mahar lalu diserahkan secara simbolis oleh sang suami pada istri dan dicatat pada dokumen pernikahan dari Kantor Urusan Agama lalu ada penyerahan mas kawin bagi pengantin baru tersebut. Wejangan dari petugas Kantor Urusan Agama akan diberikan dimana kedua mempelai harus mengetahui hak dan kewajibannya yang baru sebagai istri dan suami. Kedua pengantin juga melakukan sungkeman pada kedua orang tua dan acara ditutup dengan acara foto bersama dan bisa lanjut  pada rangkaian acara berikutnya yaitu resepsi pernikahan.