RANGKAIAN LAMARAN ADAT JAWA, TRADISI UNIK HINGGA RESEPSI PERNIKAHAN

Apakah calon istri anda adalah seorang gadis jawa yang cantik nan manis dan anda ingin melamarnya segera? Kali ini calonku.com akan menjabarkan sebuah gambaran mengenai prosesi lamaran tradisi jawa sehingga anda bisa mulai mempersiapkannya.


TATA CARA LAMARAN ADAT JAWA

Apabila anda ingin meminang seorang gadis jawa sebagai istri maka ada serangkaian hal yang harus dijalani dalam prosesi lamaran, berikut tahapannya:

Congkong

Utusan perwakilan mempelai pria akan mulai mencari tahu mengenai bibit, bebet dan bobot dari calon mempelai wanita sehingga terkumpul berbagai informasi misalnya seperti apakah ia sudah menikah sebelumnya, apakah calon pengantin siap menikah, sekaligus menjadi bahan pertimbangan apakah sang gadis sesuai dengan kriteria.


Salar

Utusan perwakilan pada tradisi congkong akan kembali ke rumah mempelai apabila informasi yang digali belum lengkap, sehingga mereka akan mencoba berburu sebuah kepastian dan bisa memutuskan apakah kedua mempelai bisa dinikahkan.


Nontoni 

Apabila tahapan Salar telah dilakukan dan keluarga sang gadis menyetujuinya maka selanjutnya kedua calon mempelai ini bisa dipertemukan sekaligus agar keluarga calon pengantin saling mengenal.


Ngelamar

Kekerabatan yang terjalin diantara kedua keluarga mempelai kemudian berbuah manis sehingga menjadi lampu hijau dalam prosesi lamaran. Orang tua calon mempelai pria kemudian diutus untuk melamar calon pengantin sekaligus penentuan tanggal pernikahan.


Seserahan 

Apabila seluruh proses berjalan lancar maka saatnya anda menyiapkan seserahan menurut Adat dan Tradisi Jawa, berikut yang biasanya dibawa dalam acara seserahan:

Kebaya dan Jarik

Satu set kebaya dan jarik menjadi baju yang harus dibawa dan coraknya pun tidak boleh sembarangan sebaiknya anda memilih corak Sidomukti yang merupakan lambang dari harapan untuk mencapai sebuah kebahagiaan. Corak ini diharapkan bisa sesuai dengan  harapan seluruh keluarga agar calon mempelai mencapai sebuah kebahagiaan.


Peningset

Peningset adalah alat make up agar calon istri senantiasa jelita enak dipandang oleh suaminya kelak. Sebaiknya anda mendiskusikan dengan calon istri anda agar peningset yang anda bawa bisa disesuaikan dengan brand makeup kegemaran sang istri.


Perlengkapan Mandi

Seperangkat alat mandi sangat penting karena perlambang menjaga sebuah kebersihan diri. Ada baiknya ada berdiskusi dengan calon anda agar shampoo, sabun bahkan bahan handuk ramah dikulit calon istri anda.


Pakaian dan Perlengkapan

Seserahan bisa memberikan berbagai baju hingga barang kebutuhan dari mempelai wanita. Pastikan warna, corak hingga ukuran tidak keliru ya sehingga ada baiknya anda berdiskusi dengan calon anda saat memilihnya.


Perhiasan

Seperangkat perhiasan biasanya juga diberikan berupa anting, gelang, cincin, kalung.


Pisang raja, Buah Jambe, Kapur sirih

Seserahan ini merupakan sebuah simbol diharapkan calon mempelai bisa langgeng adem ayem hingga maut memisahkan serta diberkahi keturunan. Pisang raja merupakan simbol kesuburan sementara kapur sirih dan buah merupakan simbol kelanggengan.


Jajan pasar

Jajan pasar yang legit nan manis akan mewarnai seserahan anda, ada baiknya anda membawa beragam kue yang berbahan dasar ketan misalnya madu mongso serta berbagai jajanan pasar lezat lainnya.


TRADISI UNIK DALAM PERNIKAHAN ADAT JAWA

Setelah lamaran selesai beberapa daerah di Jawa juga melaksanakan tradisi unik, apa saja tradisinya berikut calonku.com jabarkan:

Pingitan

Saat menjalani masa pingitan selama 1 atau 2 bulan sehingga calon pengantin wanita dilarang meninggalkan rumah dan tidak diperkenankan menemui calon pengantin pria. Calon mempelai wanita biasanya akan merawat diri dengan lulur tradisional racikan turun temurun


Begalan

Tradisi begalan biasanya dilaksanakan pada daerah Cilacap, Banyumas dan Purwokerto. Tradisi ini seperti memberi wejangan pada calon pengantin namun disampaikan dengan budaya berupa seni tari berbalut komedi dan tak lupa doa – doa dihaturkan.


Kromojati

Di Desa Bohol yang terletak di Gunung Kidul terdapat sebuah tradisi ini merupakan wujud mencintai alam dimana kedua calon pengantin nantinya akan menanam 5 bibit pohon jati dan semoga cinta calon pengantin semakin  kuat dan tumbuh bagaikan kayu jati ya.


Nyantri

Tradisi ini berasal dari Keraton Yogyakarta ini dimana calon pengantin pria nantinya akan bermalam di daerah kediaman calon pengantin wanita. Biasanya ia akan menginap pada rumah saudara atau tetangga dari pengantin perempuan tetapi syarat lainnya calon pengantin pria itu tidak diperkenankan menemui calon istrinya. 


Nyedek Temo

Tradisi Nyedek Temo biasanya dilangsungkan di daerah Madura dan terdapat prosesi khusus untuk menentukan kapan hari H dimana kedua keluarga calon mempelai bertemu sementara pasangan calon pengantin menyerahkan hal-hal simbolik untuk menetapkan tanggal pernikahan. Misalnya menyediakan pisang susu dan sirih.


Adol Dawet

Dalam tradisi Jawa Tengah tidak hanya calon mempelai namun orang tua dari mempelai wanita nantinya akan  menjual dawet serta mendapat bayaran berupa genting yang merupakan simbol agar calon mempelai nantinya bisa menjalin team work untuk membangun rumah tangga.


Setelah berbagai prosesi lamaran dengan serangkaian tradisi adat jawa yang khas dari setiap daerah maka kedua mempelai bisa melaksanakan resepsi penuh kebahagiaan terutama buat kedua mempelai yang berhasil bertemu kembali setelah menjalani prosesi pingitan. Tradisi Indonesia yang kaya sungguh penuh filosofi dengan berbagai simbol yang membawa harapan agar kedua mempelai bahagia nan langgeng.