RANGKAIAN ACARA PERNIKAHAN INTERNASIONAL YANG PERLU ANDA DIKETAHUI

Pernikahan merupakan hari yang bahagia namun tahukah anda selain pesta resepsi pernikahan anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih dekat atau menyatukan pengantin dengan anggota keluarga maupun orang terkasih dengan rangkaian pesta yang unik dan seru. Kali ini Calonku.com akan menguraikan acara yang lazim dilaksanakan baik pra dan pasca pernikahan sesuai dengan tradisi dari negeri seberang atau Internasional.


PESTA PERTUNANGAN (ENGAGEMENT PARTY)

Pesta pertunangan atau merayakan pertunangan selalu dilaksanakan beberapa bulan setelah lamaran, biasanya pesta dilaksanakan pada malam hari dan bersifat informal. Pesta ini dihadiri oleh kerabat dan karib terdekat sehingga pesta pertunangan anda akan bersifat fun karena akan ada permainan serta aktivitas menyenangkan lainnya. Jangan lupa mengundang tamu pada pesta ini  pada pesta pernikahan akbar anda nantinya ya. 


MANDI PENGANTIN(BRIDAL SHOWER)

Sejarah dari bridal shower dimulai pada abad pertengahan ketika ayah pengantin wanita menolak memberikan mahar bagi pernikahan yang ia tidak setujui sehingga masyarakat berinisiatif memberikan barang-barang keperluan rumah tangga kepada calon pengantin wanita. 

Acara ini biasanya dilaksanakan pada siang hari dan dirayakan bersama anggota mempelai wanita  seperti tante dan sepupu maupun karib dari pengantin. Anda bisa berkreasi dengan banyak tema yang menyenangkan dan unik. 


PESTA LAJANG DAN BUJANGAN (BACHELORETTE AND BACHELOR PARTIES)

Sebuah pesta lajang biasanya dilaksanakan terpisah bagi masing – masing calon pengantin namun pesta ini memiliki keunikannya sendiri karena merupakan pesta perayaan dari hari terakhir menjadi seorang single.

Biasanya direncanakan secara berkelompok dengan tamu yang terdiri atas sahabat maupun kerabat sebaya yang  terdekat. Acara ini memiliki susunan acara yang tidak formal dan berisi aktivitas menyenangkan.


UPACARA SANGEET (SANGEET NIGHT)

Kata Sangeet bermakna “bernyanyi bersama” karena  anggota keluarga  pengantin akan datang merayakannya dengan bernyanyi, menari, maupun  bersenang-senang untuk menyambut hari pernikahan. 

Tradisi ini berasal dari India dengan ratusan sub-kultur dan dialek bahasa yang beragam sehingga tradisi Sangeet akan beragam pula. Dalam upacara Sangeet akan disiapkan berbagai jenis hidangan, dekorasi cantik beserta music band dan DJ.

Acara ini cukup meriah bahkan bisa menyaingi pesta pernikahan inti karena jumlah tamu yang datang mencapai 300, 400, dan 500 orang sungguh fenomenal bukan. Beberapa tradisi dari keluarga ada yang menggabungkan Sangeet dan acara mehndi karena lebih ringkas saat  mengadakannya pada hari yang sama.


MAKAN SIANG PENGANTIN (BRIDAL LUNCHEON)

Makan siang pengantin akan diadakan beberapa hari sebelum acara pernikahan sekaligus memberikan kesempatan bagi pengantin wanita mencurahkan rasa terima kasih sekaligus berkumpul dengan keluarga. Acaranya diadakan pada siang hari dan bisa dipandu oleh calon mempelai wanita, ibu mempelai wanita atau tante kesayangan.


MAKAN MALAM LATIHAN (REHEARSAL DINNER)

Makan malam latihan seperti sebuah gladibersih sebelum acara pernikahan dengan tujuan memberikan banyak waktu menjalin sebuah ikatan dengan keluarga sehingga pastikan menyertakan orang-orang penting bagi anda ya.


PESTA SELAMAT DATANG (WELCOME PARTY)

Biasanya tamu undangan anda berdatangan dari segala penjuru sehingga dengan pesta selamat datang ini anda bisa mencurahkan rasa terima kasih anda bagi mereka yang bersedia jauh-jauh datang sehingga pesta penyambutan ini akan membuat tamu merasa dihargai. 

Anda bisa me-masukan acara penyambutan dalam agenda akhir pekan anda dengan acara yang di atur santai. Biasanya yang menjadi  tuan rumah adalah pasangan pengantin, keluarga mempelai pria,  atau keluarga yang tidak menjadi tuan rumah pernikahan. 


PERPISAHAN BRUNCH (FAREWELL BRUNCH)

Biasanya pesta perpisahan Brunch ini dilaksanakan santai dimana tamu yang sebelumnya telah datang dalam pesta pernikahan anda kali ini tidak perlu berdandan formal lagi seperti sebelumnya, sehingga biasanya acara perpisahan ini akan diadakan dengan makanan sarapan yang siap saji dan anda bisa berbicara tenang dengan mereka.

Semoga ulasan artikel mengenai berbagai Pesta dalam Pernikahan Internasional yang Calonku.com jabarkan bisa menambah pengetahuan serta memberikan inspirasi bagi anda yang ingin mengadakan pesta Pra dan pasca pernikahan.