PERBEDAAN WEDDING ORGANIZER DAN WEDDING PLANNER, TUGAS, HARGA DAN TANGGUNG JAWAB

Pesta pernikahan yang berjalan sesuai harapan merupakan impian seluruh pengantin di dunia. dan sudah bukan rahasia umum bahwa persiapan pernikahan yang sempurna dan indah selaras dengan persiapan yang sangatlah banyak beserta detail yang rumit. 

Dibutuhkan alokasi waktu serta tenaga agar pernikahan impian dapat berlangsung sesuai dengan yang di harapkan. Kali ini calonku.com akan membantu calon mempelai yang ingin mempersiapkan pernikahannya agar berjalan lancar.


Permasalahan yang Dihadapi Calon Pengantin

Biasanya calon pengantin harus dihadapkan dengan beberapa permasalahan yang sering di hadapi dalam mempersiapkan pernikahan di antaranya:
  • Perhitungan budget atau biaya pernikahan beserta manajemen pengelolaan keuangannnya
  • Tenaga dalam mempersiapkan pesta pernikahan
  • Pemilihan Lokasi pernikahan yang tepat (Venue)
  • Perbedaan pendapat di antara keluarga calon mempelai yang memiliki ide masing -masing
Anda tidak perlu khawatir karena untuk memenuhi kebutuhan para calon mempelai di atas dan solusinya adalah memakai jasa Wedding Planner dan Wedding Organizer. Calonku.com akan menjabarkannya karena walau keduanya terdengar serupa, namun sebenarnya terdapat perbedaan baik tanggung jawab yang menjadi tugas pokok dan fungsi di antara keduanya. 


WEDDING PLANNER

Wedding planner akan membantu calon pengantin dalam seluruh proses mulai dari merencanakan, hingga merancang pernikahan. Misalnya dimulai dari hal dasar seperti calon pengantin menginginkan  tema apa hingga seluruh kegiatan yang berkaitan dengan manajemen akan menjadi tugas dari wedding planner. Berikut serangkaian tugas dan tanggung jawab dari wedding planner:
  • Wedding planner merancang manajemen pernikahan yang di sesuaikan dengan budget sesuai dengan diskusi calon pasangan mempelai sehingga pernikahan impian anda akan terwujud namun Wedding planner dengan cerdas menyesuaikan dengan budget yang di miliki.
  • Wedding planner akan membuat susunan jadwal dan persiapan dari perencanaan awal hingga hari H. Anda hanya perlu memberitahukan segala informasi seperti tanggal pernikahan, adat yang di pakai dan mereka akan menawarkan berbagai macam rancangan terbaik untuk pesta pernikahan anda.
  • Wedding planner akan melakukan meeting berkala dengan anda mengenai hasil pengawasan, perkembangan persiapan sehingga anda mengetahui sudah sampai mana prosesnya .
  • Wedding planner berpengalaman akan memahami keinginan dari calon pengantin bahkan akan menawarkan kepada mereka solusi dari setiap permasalahan sesuai dengan pengalaman dan jam terbangnya. Ia akan membantu setiap langkah sehingga pernikahan impian anda menjadi nyata. 
  • Wedding planner handal biasanya mengetahui vendor yang memiliki reputasi dan kinerja terbaik untuk di ajak bekerjasama, sekaligus wedding planner tersebut akan membantu mempelai untuk menegosiasikan harga terbaik agar budget anda tidak membengkak. Bukankah hal ini akan menghemat waktu dan budget anda sehingga anda tidak perlu kerepotan mencari dari awal vendor dan berusaha bernegosiasi sendiri
  • Kisaran harga seorang wedding planner ternama berkisar Rp 50 hingga Rp 100 juta. 
Bagaimana memakai jasa wedding planner pastinya adalah sebuah langkah cerdas bukan.


WEDDING ORGANIZER

Wedding organizer biasanya berkerja saat hari pernikahan sudah dekat, kurang lebih sama dengan wedding planner namun dengan jangka waktu yang lebih singkat. Letak perbedaan keduanya adalah wedding planner bertugas sejak dari awal sementara cakupan pekerjaan wedding organizer adalah seperti masalah teknis pernikahan sebagai tim pelaksana. Berikut serangkaian tugas dan tanggung jawab dari wedding organizer:
  • Tugas dari wedding organizer merupakan sebuah pelayanan jasa yang meliputi konsumsi,  koordinasi kesiapan kerja dari vendor yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pernikahan.
  • Wedding organizer akan membentuk panitia sekaligus akan berkoordinasi dengan keluarga calon mempelai dan mengawasi kegiatan acara pernikahan agar berjalan dengan lancar.
  • Wedding organizer akan membantu calon mempelai mempersiapkan diri sekitar sebulan sebelum hari H dan wedding organizer akan memastikan semua berjalan sesuai dengan rencana yang sudah di buat sebelumnya dengan wedding planner.
  • Apabila calon mempelai memilih menikah di hotel atau banquet hall biasanya mereka sudah menyediakan paket pernikahan yang all in atau lengkap dengan biaya wedding organizer. Namun jika di luar itu, sewalah wedding organizer yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. 
  • Kisaran  jasa WO ternama mulai dari akad hingga resepsi antara Rp 30 - Rp 50 jutaan tergantung dengan negosiasi anda.

Kesimpulannya adalah baik wedding planner dan wedding organizer akan mewujudkan pernikahan sakral anda. Masing-masing memiliki peranan penting dan sekaligus mampu mengatasi masalah-masalah rumit persiapan pernikahan yang menyita waktu anda. 

Tips bagi calon pengantin yang mampu merencanakan sendiri pernikahan dan dapat bertanggung jawab terhadap vendor yang di pilih maka anda bisa memakai jasa wedding organizer untuk memastikan pernikahan anda berjalan lancar. Tetapi apabila anda tidak tau memulai dari mana serta tidak memiliki waktu untuk menyusun detail yang rumit dan belum mengetahui vendor terbaik untuk mewujudkan pernikahan pernikahan anda maka anda dapat menunjuk jasa wedding planner sehingga dengan jasa mereka maka pernikahan impian anda akan menjadi nyata. Calonku.com juga telah mempersiapkan daftar vendor terbaik untuk anda diharapkan pernikahan anda berjalan lancar.