Inilah Rangkaian Susunan Acara Pernikahan yang perlu diketahui calon pengantin

Untuk menjalankan sebuah prosesi pernikahan, tentu harus berjalan dengan khidmat. Agar rangkaian susunan acara pernikahan khidmat dan juga lancar, ada beberapa susunan acara yang ada di pernikahan. Berikut ini adalah susunan acara yang ada di dalam pernikahan, yang perlu diketahui oleh calon pengantin. 

Susunan Acara Pernikahan

Untuk melakukan pernikahan atau akad nikah, ada beberapa susunan acara yang biasanya ada dalam acara pernikahan. Berikut ini adalah beberapa susunan acara pernikahan, yang biasanya ada:

1. Pembukaan acara pernikahah

Sebelum acara akad nikah dimulai, MC akan memulai dengan acara pembukaan. Acara acara pembukaan ini, biasanya adalah sambutan sambutan dari kedua calon pengantin. Biasanya mereka mengucapkan terima kasih kepada tamu yang hadir, dan juga mengucapkan ucapan syukur atas terselenggaranya acara pernikahan ini.

Untuk memulai acara pembukaan ini, biasanya dimulai dari keluarga calon mempelai laki laki terlebih dahulu. Setelah keluarga dari calon mempelai laki laki, acara pembukaan juga dilakukan oleh keluarga calon mempelai wanita. Nantinya MC akan memberi giliran, untuk kedua keluarga memberi kata kata sambutan.
 

2. Pembacaan Alquran dan Wejangan Pernikahan

Setelah acara pembukaan sudah dilakukan, nantinya ada orang yang akan mengumandangkan atau membacakan Alquran.  Pembacaan Alquran ini dilakukan oleh orang yang ahli, dan nantinya dikumandangkan dengan suara yang cukup merdu.

Setelah ada orang yang melakukan pembacaan Alquran, nantinya juga ada wejangan pernikahan atau khutbah tentang pernikahan. Biasanya yang akan memberikan wejangan wejangan pernikahan ini, adalah dari pihak KUA atau Kantor Urusan Agama.  Wejangan ini diberikan kepada calon pengantin, agar pernikahan bisa langgeng dan selamanya. 

3. Ijab Kabul

Setelah semua rangkaian sudah dilakukan dengan baik, acara Ijab Kabul adalah hal yang paling ditunggu tunggu oleh kedua calon pengantin. Ijab Kabul ini adalah hal yang paling ditunggu, karena wali calon pengantin wanita menyerahkan tanggung jawab kepada mempelai laki laki.

Untuk melakukan Ijab Kabul ini biasanya dilakukan oleh penghulu, dan mempelai laki laki ini mengikuti penghulu untuk mengucap ijab Kabul. Apabila mempelai laki laki mengucapkan ijab kabulnya lancar, maka pernikahan akan dianggap sah. Namun apabila ijab Kabul belum lancar, biasanya ijab Kabul diulang hingga menjadi lancar. 

4. Pembacaan Doa dan Penyerahan Mahar

Setelah ijab kabul sudah dilakukan, maka diadakan pembacaan doa setelah melakukan ijab kabul. Pembacaan doa biasanya dilakukan oleh pemuka agama, atau dilakukan oleh seorang ustaz yang sudah dipilih oleh kedua keluarga.

Ketika pembacaan doa sudah selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah penyerahan mahar. Mahar ini biasanya diserahkan oleh mempelai pria, kepada mempelai wanitanya. Setelah mahar sudah diberikan, buku nikah dan surat surat lainnya akan diberikan saat itu juga. 

5. Acara Resepsi Pernikahan

Setelah akad nikah sudah selesai, biasanya pengantin pria dan juga wanita akan menyelenggarakan resepsi pernikahan. Resepsi pernikahan yang dilakukan ini, bisa sederhana atau bisa dilakukan dengan cara mewah di hotel yang sudah di sewakan.

Acara resepsi yang bisa diselenggarakan, ada yang menggunakan tradsi yang modern atau mengikuti trend yang ada pada saat ini. Selain mengikuti resepsi yang modern, resepsi pernikahan juga bisa mengikuti tradisi daerah masing masing. Untuk resepsi ini biasanya mengikuti budget, yang dimiliki oleh mempelai pria dan perempuan.


Demikianlah informasi mengenai acara acara pernikahan, yang biasa dilakukan oleh calon pengantin. Semoga informasi acara ini, bisa menjadi refrensi untuk menyelenggarakan acara pernikahan.