Cara Mengurus Surat Numpang Nikah

Mengurus surat numpang nikah. Untuk melakukan pernikahan beda kota, domisili, wilayah atau daerah asal berdasarkan KTP antara pasangan calon suami istri, atau berniat melangsungkan Pernikahan dilakukan diluar daerah atau domisili calon kedua pengantin, maka yang perlu dilakukan adalah membuat surat menumpang nikah sebagai syaratnya. Berikut ini adalah syarat syarat, yang harus dipenuhi. 

Syarat Syarat Untuk Mengurus Surat Numpang Nikah

Berikut cara langkah langkah untuk memenuhi syarat nikah beda kota atau wilayah daerah

1. Surat Pengantar Dari RT dan RW

Syarat pertama yang harus dipenuhi kedua calon penganti, adalah mengurus surat pengantar dari RT dan juga RW. Surat pengantar ini bisa anda dapatkan, ketika anda mendatangi langsung RT dan juga RW setempat.
 

2. Mendapatkan Surat Pengantar Dari Kelurahan

Setelah anda mendapatkan surat pengantar RT dan RW, langkah selanjutnya adalah mendapatkan surat pengantar dari Kelurahan. Untuk mendapatkan surat pengantar dari keluarahan ini, anda bisa menyertakan surat pengantar dari RT dan juga RW setelmpat.

3. Fotocopy Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan juga KTP

Untnuk mengurus surat numpang nikah, kedua calon pengantin  juga harus menyertakan data data pribadinya masing masing. Data data pribadi tersebut adalah misalnya seperti Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan juga KTP.

Data data pribadi dari calon pengantin ini harus di foto copy, dan nantinya di serahkan ke KUA atau Catatan Sipil. Nantinya data data pribadi dari kedua calon pengantin tersebut, akan di verifikasi atau di cek oleh pihak KUA atau Catatan Sipil.

4. Fotocopy Ijazah

Ijazah adalah surat atau dokumen, dari kelulusan kedua calon pengantin dari sekolah atau perguruan tinggi. Untuk calon pengantin yang ingin menikah, ijazah dari universitas ini penting sebagai data pribadi yang bisa di verifikasi oleh KUA dan juga Dinas Catatan Sipil.

Untuk menyertakan ijazah sebagai dokumen untuk surat numpang nikah, anda bisa melakukan fotocopy ijazah di tempat fotocopy terdekat. Fotocopy yang diperlukan sebanyak 1 hingga 2 buah, dan fotocopy ijazah tersebut dilampirkan dengan dokumen dokumen yang lainnya.

5. Surat Izin Numpang Nikah

Terakhir ada surat izin nikah, yang diperlukan bagi calon pengantin yang ingin menikah. Surat Izin numpang nikah ini bisa diperoleh, dari Kantor Urusan Agama atau KUA. Untuk mendapatkan surat izin ini, dokumen dokumen yang diperlukan haruslah lengkap.

Dokumen dokumen yang harus lengkap untuk surat izin nikah, misalnya adalah seperti data pribadi KTP hingga Akta Lahir. Sura surat lainnya seperti N1 hingga N4 harus lengkap, sehingga bisa mendapatkan surat izin numpang nikah.


Mengurus Surat Izin Numpang Nikah Secara Online


Selain bisa mengurus surat izin nikah secara langsung, calon pengantin bisa mengurus surat numpang nikah secara online. Berikut ini adalah cara caranya: 

1. Melihat Website KUA

Untuk mengurus surat izin numpang nikah secara online, calon pengantin harus melihat website dari KUA setempat. Dengan melihat website KUA setempat, maka calon pengantin bisa tahu kapan bisa numpang nikah. Selain bisa melihat jadwal numpang nikah, calon pengantin bisa mengetahui syarat syarat untuk numpang nikah.

2. Melakukan Pengisian Berkas Di Website

Setelah melihat lihat website KUA setempat, anda juga bisa melakukan pengisian berkasi di website. Ada beberapa menu yang tersedia di website tersebut, dan anda bisa mengisi berkas berkas secara online.
 
Demikianlah informasi mengenai cara mengurus surat numpang nikah, yang ada di luar daerah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi calon pengantin, yang ingin numpang nikah.