Cara Mengurus Surat Nikah

Untuk melakukan pernikahan atau mempersiapkan pernikahan, tentu membutuhkan yang namanya sebuah surat nikah. Surat nikah ini sangat penting sekali, untuk dokumen resmi setelah pernikahan. Berikut ini adalah cara yang dilakukan oleh calon pengantin, untuk mengurus surat nikah. 

Cara Cara Untuk Mengurus Surat Nikah

1.      Memperoleh Surat Pengantar


Untuk mengurus surat surat pernikahan, hal yang harus dilakukapertama kali oleh calon pengantin adalah mengurus surat pengantar. Surat pengantar yang dibutuhkan, adalah dari RT dan juga RW setempat. Dengan mendapatkan surat pengantar dari RT dan juga RW, maka memudahkan calon pengantin untuk bisa mendapatkan surat pernikahan.

Untuk mendapatkan surat pengantar dari RT dan juga Rw, pasangan calon pengantin biasanya harus mendatangi langsung mendatangi langsung tempat RT dan RW setempat. Setelah mendatangi langsung RT dan RT, nantinya akan diberikan surat pengantar untuk menikah.

2.  Menyertakan Akta Kelahiran dan Fotocopy KTP

Tidak hanya mendapatkan surat surat pengantar dari RT dan RW, namun calon pengantin pria atau wanita juga harus menyertakan data data diri masing masing. Data data diri yang diperlukan oleh calon pengantin, misalnya adalah seperti Fotocopy Akta Kelahiran dan juga KTP atau Kartu Tanda Penduduk.

Dengan adanya data data pribadi tersebut, nantinya pihak KUA atau Kantor Agama bisa memverifikasi atau memvalidasi data tersebut. Dengan cara tersebut nantinya surat surat nikah yang nantinya akan diperlukan, bisa cepat di dapatkan ketika calon suami istri sudah melangsungkan pernikahan.

3. Menyiapkan Surat Surat Seperti N1, N2 dan N4


Surat surat N1, N2 dan juga N4 ini sangat berguna untuk mengurus surat nikah. Ada beberapa perbedaan perbedaan yang cukup jelas, diantara ketiga surat surat tersebut. N1 ini adalah surat untuk nikah, sedangkan N2 adalah data data pribadi atau asal usul calon pengantin.  Untuk N4 ini adalah surat keterangan, dari orang tua calon pengantin.


Data Lain Yang Diperlukan


Selain data data diatas, ada data data lain yang diperlukan oleh calon pengantin. Berikut ini adalah data data yang diperlukan, oleh calon pengantin:

1.  Tes Kesehatan Mental


Data data lain yang diperlukan ketika ingin mendapatkan surat nikah, adalah Tes Kesehatan Mental. Untuk Melakukan Tes Kesehatan Mental ini sangat diperlukan sekali untuk calon pengantin, karena bisa mengetahui apakah pasangan calon penganti bisa siap untuk menikah.

Pada saat ingin melakukan tes kesehatan mental, pasangan calon pengantin bisa melakukan tes kesehatan mental di Puskesmas terdekat. Untuk melakukan tes kesehatan mental ini sangat cepat, dan bisa diperoleh hasilnya di hari itu juga.


2. Sertifikat Layak Kawin


Sebelum pasangan calon penganti menikah, ada bimbingan dari pihak pihak terkait. Setelah pasangan calon pengantin mengikuti bimbingan pernikahan, nantinya akan mendapatkan sertifikat layak kawin.

Sertifikat layak kawin yang sudah di dapatkan tersebut, bisa dijadikan syarat untuk mendapatkan surat nikah. Oleh karena itulah bagi calon pengantin jangan ragu, untuk mengikuti kursus pernikahan yang sudah disediakan oleh pemerintah.



3. Surat Izin Menikah Dari Atasan


Bagi calon pengantin yang bekerja di Aparatur Sipil Negara atau ASN, bisa menyertakan Surat Izin Menikah Dari Atasan. Surat Izin ini sangat diperlukan sekali, untuk memudahkan calon pengantin mendapatkan surat nikah.

Demikianlah informasi, mengenai cara mengurus surat nikah.  Semoga  informasi ini bermanfaat bagi pasangan suami istri yang ingin melakukan pernikahan.