Apa Itu Perjanjian Pranikah dan Manfaatnya

Surat perjanjian pranikah Media sosial di Indonesia sempat ramai dengan pembahasan perjanjian pranikah. Banyak dari netizen yang setuju dengan adanya perjanjian pranikah, namun banyak juga yang tidak setuju dengan perjanjian pranikah

Lalu Apa yang Dimaksud dengan Perjanjian Pranikah?

Perjanjian pranikah adalah suatu akta atau surat perjanjian yang dibuat sebelum atau awal pernikahan. Perjanjian ini dibuat agar tidak terjadinya konflik perebutan aset atau harta suami istri jika pernikahan berakhir dengan perceraian.

Perjanjian pranikah merupakan sesuatu yang lumrah dilakukan oleh bangsa Barat. Namun bagaimana dengan di Indonesia? Tentunya perjanjian pranikah di Indonesia merupakan hal baru. Urusan perceraian dan segala konflik di dalamnya biasanya diselesaikan di pengadilan agama atu secara kekeluargaan.

Bagaimana Cara Membuat Perjanjian Pranikah?

Perjanjian pranikah yang baik seharusnya dibuat berdasarkan kesepakatan bersama dibarengi dengan pengacara. Dengan demikian, pengacara selaku yang mengerti akan hukum akan mengarahkan pembuatan perjanjian pranikah yang adil bagi kedua belah pihak.

Namun saat ini, banyak perjanjian yang dilakukan tidak bersama ahli hukum. Sudah banyak template perjanjian pranikah yang tersebar di Internet. Kamu hanya perlu mengunduhnya dan menyepakati bersama perjanjian di dalamnya.

Berapa Biaya yang Diperlukan?

Tidak ada biaya yang pasti untuk membuat perjanjian sebelum nikah tersebut. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi biaya pembuatan perjanjian pranikah.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi biaya pranikah diantaranya adalah lokasi, reputasi, dan pengalaman dari pengacara yang disewa, serta kompleksitas dari perjanjian antara kedua belah pihak.

Semua hal tergantung dengan pasangan yang akan melakukan perjanjian. Terkadang, jika tidak terlalu komplek, perjanjian ini bisa dilakukan dalam waktu satu jam saja.

Manfaat

Perjanjian pranikah memang sering dikritik menghilangkan romantisme dalam pernikahan. Tetapi tidak dapat memungkiri juga, jika banyak manfaat yang didapat dalam melakukan perjanjian ini.

Berikut ini adalah manfaat dari pembuatan perjanjian pranikah :

Dengan Jelas mendefinisikan properti kamu secara terpisah. Secara jelas, perjanjian pranikah akan membagi properti yang memang telah menjadi milik kamu sejak awal.

Perlindungan Aset, jika pernikahan berujung dengan perceraian, maka akta perjanjian ini akan menjadi patokan pembagian aset yang didapat bersama saat menikah.

Menetapkan Prosedur Perceraian, kamu tidak perlu lagi memikirkan banyak hal saat bercerai, karena semua prosedur telah disepakati bersama saat sebelum menikah.

Memberikan Rencana yang Jelas, kamu menjadi lebih mudah dalam melihat visi ke depan tentang bagaimana jika jadinya pernikahan berujung dengan perceraian.

Melindungi dari Kewajiban Bersama untuk Hutang, tentunya kamu tidak mau menanggung hutang yang dilakukan suami setelah bercerai begitu juga sebaliknya.

Memperlancar proses perceraian, melewati proses pengadilan dengan tenang, mengurangi konflik, dan menghemat waktu dan uang.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapat dari perjanjian pranikah. Namun satu hal yang pasti kamu dapatkan dari perjanjian pranikah ini adalah ketenangan pikiran jika pernikahan harus berujung dengan perceraian.