8 Kriteria Memilih Pasangan dalam Islam

Memilih Pasangan menurut Islam Memilih pasangan hidup tentunya tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada beberapa kriteria tertentu yang harus dipertimbangkan demi terjalinnya hubungan keluarga yang harmonis. Dalam agama Islam, ada 8 kriteria memilih pasangan yang baik dalam Islam.

Islam mengatur secara jelas tentang tata cara pernikahan dengan baik. Mengingat nikah adalah salah satu ibadah yang menyempurnakan iman seseorang. Oleh karena itu, mulai dari mencari pasangan hidup, Islam juga memberikan tuntunan.

Kriteria yang perlu diperhatikan dalam mencari pasangan Hidup dalam Islam

Dalam kitab Ihya Ulumudin karya Imam Al Ghazali, ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan oleh seorang muslim dalam mencari pasangan hidup untuk menciptakan keluarga yang sakinah, mawaddah dan juga penuh berkah. Lalu apa saja kriteria dalam memilih pasangan hidup dalam Islam menurut Imam Al Ghazali ada 8 berikut ini adalah daftarnya :

1. Ketaatan dalam Beragama

Poin pertama dalam mencari pasangan hidup yang baik dalam Islam tentunya adalah agamanya. Bahkan Islam mempertegas jika agama adalah hal yang paling penting dalam menentukan pasangan hidup.

Ketaatan dalam beragama tentunya akan membawa kebahagiaan bagi sebuah keluarga, bukan hanya di dunia, namun tentu juga di akhirat kelak. Oleh karena itu, carilah pasangan hidup yang taat dalam beragama, dan tentunya satu agama dengan kita.

2. Akhlak

Akhlak atau perilaku berada di posisi kedua. Kamu tentunya tidak ingin diperlakukan semena-mena oleh pasangan. Maka carilah pasangan yang baik dalam akhlaknya.

Menikah dengan seseorang yang memiliki akhlak yang baik akan menghindarkan kamu dalam kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Seorang suami yang mempunyai akhlak yang baik tidak akan pernah melayangkan pukulannya kepada istri.

3. Kecantikan

Islam juga tidak menafikan dengan kecantikan atau ketampanan seseorang. Carilah istri atau suami yang cantik atau tampan. Dengan demikian, kamu akan semakin senang dalam memandang pasangan.

Pasangan akan senantiasa kita bersama kita setiap harinya. Lalu bagaimana jika setiap harinya kita tidak senang dalam memandang pasangan, oleh karena itu, kecantikan atau ketampanan juga masuk dalam 8 kriteria mencari pasangan hidup dalam Islam.

4. Keringanan Mahar

Mahar adalah tanggung jawab laki-laki sebagai tanda menghargai seorang perempuan. Tentunya sebagai laki-laki, kamu harus memperkirakan kesanggupan diri kamu sendiri dalam melamar perempuan.

Begitu pula bagi seorang perempuan. Bukan berarti kamu harus memberikan harga mahar yang rendah, tapi permudahlah seorang lelaki yang datang melamar kamu dengan harga mahar yang tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu merendahkanmu.

Dalam mahar ini, seorang lelaki juga akan diuji akan keseriusannya dalam melamar seorang perempuan. Jika memang mahar yang diminta cukup tinggi, maka seorang lelaki yang berusaha untuk memenuhi mahar tersebut dengan bekerja keras akan terlihat lebih terhormat dari mata seorang perempuan.

5. Kesuburan

Selain untuk beribadah, menikah juga bertujuan untuk memperbanyak keturunan, oleh karena itu, diperlukan juga perhatian dari kesuburan dari calon pasangan.

6. Status Keperawanan

Seorang calon pasangan hidup yang baik tentunya akan menjaga kemaluannya dari perbuatan keji dan zina. Oleh karena itu, keterbukaan satu sama lain harus diutamakan.

7. Nasab

Nasab atau keturunan adalah salah satu kriteria yang juga harus dipertimbangkan dalam mencari pasangan hidup menurut Islam. Seseorang yang baik, akan lahir dari keluarga yang baik pula.

8. Bukan Kerabat Dekat

Poin terakhir dari 8 kriteria mencari pasangan hidup menurut Islam adalah bukan kerabat dekat.

Itulah 8 kriteria dari mencari pasangan hidup menurut Islam. Selain mencari seseorang yang masuk kedalam kriteria tersebut, kita sendiri juga perlu untuk berkaca dan berusaha untuk masuk kedalam kriteria tersebut.