7 Hal Penting Untuk Pernikahan yang Bahagia

Pernikahan bahagia Apa yang menjadi hal penting dalam pernikahan yang bahagia. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalani pernikahan yang bahagia. Beberapa diantaranya akan dipaparkan di bawah ini. Menjalani pernikahan yang bahagia adalah impian semua pengantin di dunia. Kebahagiaan pernikahan tentunya tidak hanya ketika resepsi pernikahan saja, namun bisa diharapkan berlangsung selamanya.

Yang perlu suami istri lakukan untuk mencapai pernikahan yang bahagia

Oleh karena itu, kami merangkum 7 hal penting yang harus suami istri lakukan untuk mencapai pernikahan yang bahagia. Berikut adalah diantaranya :

1. Komunikasi

Pada poin pertama untuk mencapai kebahagiaan dalam pernikahan adalah terjalinnya komunikasi yang baik. Suami istri harus saling terbuka satu sama lain dan mengkomunikasikan segala hal yang terkait dengan pernikahan.

Walaupun dalam kondisi pernikahan yang dilanda jarak karena suami yang harus bekerja, komunikasi antara satu sama lain harus tetap saling terjaga. Cobalah untuk luangkan wakktu dari pekerjaan untuk sekedar mengobrol bersama.

Dengan komunikasi yang baik, maka akan menghindarkan sebuah keluarga dari kerahasiaan yang bisa menyebabkan keretakan dalam rumah tangga.

2. Menghormati Satu Sama Lain

Suami yang menjadi imam dalam keluarga harus senantiasa juga untuk menghormati istri. Begitu pula dengan istri yang harus menghormati suami sebagai kepala keluarga.

Dengan rasa saling menghormati tersebut, maka kondisi suasana keluarga akan senantiasa tentram. Tidak akan ada saling merendahkan dan merasa di atas yang lain dalam sebuah keluarga.

3. Menetapkan Batas

Walaupun sudah tinggal bersama, setiap orang juga memiliki keinginan atau hobi masing-masing. Oleh karena itu tentukan batasan mana saja kamu bisa bertindak.

Selain itu, kamu juga mungkin perlu meluangkan waktu untuk sekedar berkumpul bersama teman atau keluarga. Tetapi hal tersebut harus didiskusikan bersama agar tidak adanya kecemburuan satu sama lain.

4. Kepercayaan

Kepercayaan adalah modal awal dalam pernikahan tentunya. Mempercayakan kehidupan kita kepada seseorang, atau bahkan mempercayakan sisa hidup kita untuk bersama selamanya dengan pasangan.

Oleh karena itu rasa kepercayaan satu sama lain harus terus dipupuk setelah pernikahan berlangsung. Sebagai suami atau istri juga harus mengerti untuk menghindari konflik yang bisa melunturkan kepercayaan satu sama lain.

5. Dukungan

Memiliki pasangan yang mendukung apapun yang satu sama lain lakukan adalah kunci dari pernikahan yang bahagia.

Sebagai istri, harus senantiasa mendukung pekerjaan suami. Kita mungkin tidak pernah tahu akan apa saja yang telah suami jalani di tempat kerja. Berikan dorongan serta semangat agar suami senantiasa nyaman bersama istri.

Begitu juga dengan suami yang juga harus mendukung istri. Beri semangat kepada istri jika memang sedang melakukan suatu hal yang baru dia lakukan. Dengan demikian, hubungan keluarga akan sangat harmonis dan saling menguatkan.

6. Saling Memaafkan

Setelah menikah mungkin kamu harus membuka kelapangan hati yang sangat besar dari sebelumnya. Akan banyak timbul kekurang yang muncul dari pasangan kamu yang kamu tidak ketahui.

Oleh karena itu kamu harus senantiasa memaafkan pasangan kamu jika memang melakukan kesalahan. Jangan sampai masalah tersebut berlarut-larut dan membahayakan kebahagiaan dari keluarga kecil yang sedang kamu bangun.

7. Bertanggung Jawab

Dalam perjalanan pernikahan, kamu sendiri mungkin telah melakukan kesalahan kepada pasangan kamu. Oleh karena itu, kamu harus bertanggung jawab atas kesalahan yang kamu lakukan.

Tanggung jawab tentunya tidak hanya ada pada sisi suami sebagai keluarga, namun juga pada istri yang juga harus bertanggung jawab atas kewajiban yang harus dilakukan terhadap suami.

Itulah 7 kunci penting dalam pernikahan yang bahagia. Semoga dengan diterapkannya lima hal di atas, bisa menjadikan keluarga kamu menjadi semakin bahagia.