12 Ciri Calon Suami yang Baik Menurut Islam

Calon suami yang baik, Menkah adalah salah satu ibadah dalam agama Islam. Namun menjalani pernikahan, tidak semudah kelihatannya. Seorang Calon suami harus berlaku baik kepada Calon istri. Dalam hal ini, ada 12 ciri Calon suami yang baik menurut Islam.

Imam Al-Ghazali, seorang ulama besar dari Mesir dalam kitabnya yang berjudul Al-Adab fid Din menjelaskan adanya 12 adab seorang Calon suami kepada Calon istri untuk menjadi Calon suami yang baik.

apa saja Adab Calon suami yang Baik Menurut Islam ?

Lalu apa saja 12 adab tersebut, berikut ini adalah daftar 12 ciri Calon suami yang baik menurut Islam :

1.Berkomunikasi yang Baik

Dalam pernikahan, komunikasi adalah kunci menuju kebahagian. Seorang Calon suami harus berkomunikasi dengan baik kepada pasangan nya. Jangan sampai menjadi seorang Calon suami yang menjauhi Calon istri atau bahkan merasa lebih tinggi derajatnya dari Calon istri.

2. Bertutur Kata yang Lembut

Siapa yang tidak suka dengan tutur kata lembut. Ungkapan sayang, pujian, atau mungkin gombalan akan menyenangkan hati Calon istri. Seorang Calon suami yang baik tentunya akan menggunakan bahasa yang lembut kepada Calon istri, juga menghindari kata-kata cacian dan makian.

3. Bersikap Romantis pada pasangan

Dalam Islam, seorang Calon suami juga dituntut untuk bersikap romantis. Seorang Calon suami harus senantiasa untuk bersikap romantis, menunjukan kasih sayangnya bahkan dalam keadaan sedang marah.

4. Calon suami yang Mandiri

Menjadi Calon suami yang baik juga harus bisa mandiri. Dalam artian, ketika Calon istri sedang tidak ada di rumah, walaupun tugas Calon istri adalah melayani Calon suami, seorang Calon suami harus bisa tetap mandiri.

5. Bijak dalam Menanggapi Kesalahan pasangannya

Sebagai kepala keluarga, seorang Calon suami harus dituntut untuk bijaksana. Apalagi dalam menanggapi kesalahan Calon istri. Semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Jangan terlalu berlarut menyalahkan seorang Calon istri, bijak dan menasehati dengan baik adalah ciri Calon suami yang baik.

6. Calon suami yang Pema'af

Dalam agama Islam, kita senantiasa untuk dituntut besar hati dalam menanggapi kesalahan seseorang. Begitu juga dalam hubungan Calon suami Calon istri. Hubungan keluarga akan semakin harmonis jika Calon suami banyak berbesar hati dalam memaafkan kesalahan Calon istri.

7. Menjaga Harta pasangan nya

Ungkapan jika harta suami adalah harta istri juga, sedangkan harta istri bukan harta suami harus dipegang teguh dalam Islam. Oleh karena itu, hal itu akan terlihat ketika sebelum menikah dimana seorang Calon suami perlu untuk meminta ijin terlebih dahulu jika akan menggunakan harta kepunyaan milik pasangan nya.

8. Calon suami yang ngga suka berdebat

Perdebatan bisa saja merenggangkan hubungan rumah tangga, oleh karena itu, seorang Calon suami yang baik harus bisa menghindari perdebatan dan menghargai pendapat dari Calon istri.

9. calon suami yang suka memberi

Sudah tidak perlu diperdebatkan kembali, jika seorang suami wajib untuk memberi nafkah kepada istri. Seorang Calon suami yang suka memberikan semua kebutuhan pasangan nya dan tidak bersikap pelit kepada Calon istri itulah ciri-ciri suami yang bertanggung jawab dalam nafkah.

10. Menghargai calon Mertua

Setelah menikah, maka seorang lelaki memiliki dua orang tua yang berbeda. Bukan berarti karena mertua, seorang Calon suami lantas menelantarkan orang tua dari Calon istri. Sikap yang dilakukan antara keduanya harus berimbang satu sama lain.

11. Calon suami yang jujur

Janji adalah hutang yang harus dituntaskan, apalagi kepada seorang Calon istri. Banyak memberikan janji yang baik dan menepatinya akan menjadikan keluarga semakin bahagia. Sedangkan Calon suami yang banyak memberikan ancaman yang akan menimbulkan ketakutan bagi Calon istri, dipastikan hubungan keluarga akan semakin menjauh.

12. Selalu mendukung pada calon Istri

Jadikan Calon istri sebagai sumber penyemangat nomor 1 dalam kehidupan Calon suami. Dalam bekerja misalnya, seorang Calon suami harus bekerja keras demi menafkahi keluarga di rumah.

Itulah 12 ciri Calon suami yang baik menurut Islam yang dikeluarkan oleh seorang ulama besar, Imam Al Ghazali. Jika seorang Calon suami berhasil menerapkan 12 poin tersebut, maka bisa dipastikan jika hubungan keluarga akan lebih bahagia.