Tips Memilih Percetakan Untuk Undangan Pernikahan

Berikut tips dari kami Lummy Organizer. semoga tips ini dapat menjadi inspirasi bagi teman-teman sekalian yang sedang mempersiapkan pernikahan.


Berikut beberapa saran yang perlu dipertimbangkan ketika memilih percetakan untuk membuat undangan pernikahan, yaitu:

1 - Pertama

memiliki contoh undangan yang selalu up to date. Percetakan, tidak hanya bekerja mencetak undangan pernikahan atau barang cetakan lain, tetapi juga membuat desain percetakan. Percetakan yang kreatif dan inovatif, biasanya selalu berkarya dan tidak pernah berhenti menciptakan inovasi-inovasi baru dalam kreasinya. Percetakan yang hanya menyediakan contoh undangan yang itu-itu saja setiap tahun jelas bukan percetakan yang profesional dan handal. untuk itu tidak ada salahnya calon pengantin mengetahui jenis-jenis design kartu undangan yang populer, tema-tema tersebut adalah sebagai berikut :

Memilih tema design kartu undangan pernikahan 


  • Tema Keemasan : tampilan didominasi warna Warna emas maka sering di sebut (gold themed) warna emas memancarkan aura cantik yang mewah. biasanya warna emas digunakan teknik hotprint atau hot foil stamping.
  • Tema Ilustrasi Floral bunga : tema ini banyak di minati karena terkesan alami dengan nilai seni yang tinggi.
  • Tema Ilustrasi wajah :  Desain kartu undangan ini menggunakan ilustrasi calon mempelai juga sedang banyak diminati. Wajah calon mempelai dibuat dalam bentuk gambar dan dikombinasikan dengan elemen-elemen lain.
  • Tema Minimalis : Tema minimalis biasanya dipilih untuk merepresentasikan pesta resepsi yang elegan dan formal. Tema desain minimalis biasanya banyak menggunakan konsep white space, clean.
  • Tema Vintage : Desain bertema vintage biasanya menggunakan bunga mawar dan peony sebagai elemen utama namun dengan tampilan clasik bergaya eropa,
  • Tema Sailor : Tema sailor masih banyak di minati beberapa tahun terakhir ini karena kombinasi warnanya yang sederhana,
  • Tema Rustic : desain jenis ini menampilkan seakan akan kartu undangan yang telah usang dimakan waktu dan di perkuat dengan menggunakan jenis bahan kertas yang mendukung seperti kertas kraft coklat atau kertas daur ulang.
  • Tema Modern : dalam pengertian desain modern, dengan tema ini sebetul nya banyak yang bisa di adaptasi yang di aplikasikan dalam bentuk kartu undangan, menonjolkan aksen modern.
  • Tema Celestial : desain galactic dengan warna langit, rasi bintang, dan tata galaksi.
  • Tema Wood Carved atau textur Kayu : wood carved menggunakan teknik laser cut pada lembaran kayu tipis. bisa juga menggunakan cetak biasa pada kertas dengan menggunakan desain latar gambar kayu.
  • Tema Pastel  : Warna-warna pastel untuk menghindari kesan glamor namun elegan  dan lebih memunculkan kesan manis nan romantis.
  • Tema Kombinasi atau bebas : untuk menghindari kesan kaku dan ingin tampil beda, tidak terpaku pada jenis tema desain yang umum, namun lebih pada explorasi tampilan dengan bebas. hal ini sah-sah saja, asalkan hasilnya bagus dan cantik.
kurang lebih demikian lah beberapa jenis tema yang sedanga popular, sebaiknya anda pilih jenis tema terlebih dahulu & diskusikan pada percetakan tempat anda memesan undangan. percetakan yang baik tentu akan memberi masukan dengan jelas dan meyakinkan memberikan solusi terbaik untuk anda.

2 -  Kedua

memahami keinginan konsumen dengan tepat. kooperatif dan interaktif Percetakan yang baik, bisa menjadi tempat konsultasi yang menyenangkan untuk membuat undangan pernikahan impian kita. Mereka mengerti betul keinginan yang kita harapkan yang mampu memberi solusi terbaik hingga dapat mengaplikasikannya secara tepat ke dalam undangan pernikahan kita. Bukankah mengesalkan menggunakan jasa percetakan yang acuh dan tidak mampu menangkap maksud atau ide yang disampaikan? Percetakan yang baikpun akan memberikan penjelasan tentang jenis bahan yang akan di gunakan kelak, maka ada baiknya kita mengetahui jenis bahan yang  mungkin akan di rekomendasikan oleh tempat percetakan, yang sesuain dengan jenis tema design kartu ndangan yang kamu suka, atau sesuai dengan tema acara resepsi pernikahan kelak, jenis bahan kartu undangan yang umum di gunakan adalah sebagai berikut 

Jenis bahan kartu undangan yang umum di gunakan


A. HVS

Kertas ini bertekstur halus, putih, serta tipis dengan ketebalan mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm. 

B. Art Carton

Kertas ini bertekstur halus,putih, licin, mengkilap, dan tebal. Ketebalan kertas ini mulai 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm, dan 310 gsm. 

C. Kertas Jasmine

Kertas ini bertekstur halus, licin, mengkilap, dan ada partikel emas dipermukaan kertas. Kertas ini biasa digunakan untuk Undangan dan Kartu Ucapan. Kertas ini banyak memiliki varian warna

D. Concorde paper

Kertas ini bertekstur kasar sedikit halus, dan memiliki permukaan timbul seperti membentuk garis. Kertas ini juga biasa digunakan untuk Sertifikat, memiliki banyak varian warna yang soft.

3 -  Ketiga

memiliki reputasi yang baik. Reputasi yang positif, seperti bekerja yang bagus, profesional, tepat waktu dan sesuai pesanan merupakah nilai penting yang harus dimiliki sebuah percetakan. Jangan pernah mempercayakan pembuatan undangan pernikahan pada percetakan yang tidak jelas reputasi kerjanya, kalau tidak ingin dikecewakan.

4 -  Keempat

tergolong percetakan murah. Barang yang bagus tidak mesti mahal. Jadi, pilihlah percetakan yang menawarkan hasil yang sama namun harga yang lebih murah. Umumnya, percetakan-percetakan besar bersedia memberikan diskon atau potongan sesuai negosiasi.

5 -   Kelima

cari informasi mengenai percetakan undangan pernikahan sebelum kamu memutuskan untuk memesan di tempat tersebut.

Anda harus merencanakan pernikahan anda sendiri aktif dan kreatif seperti meminta saran melalui teman, melihat contoh undangan orang lain, mencari informasi melalui majalah, koran, maupun situs internet akan memberikan Anda masukan yang dapat mengarahkan Anda kepada percetakan terbaik sesuai harapan.

Semoga artikel ini dapat menginspirasi anda menciptakan pernikahan yang unik dan sesuai dengan anda dan pasangan anda. Seperti apapun pernikahan anda, yang terpenting adalah anda dan pasangan anda saling mencintai dan menerima pasangan anda apa adanya. Apabila anda membutuhkan bantuan dalam menciptakan pernikahan impian anda atau memastikan acara pernikahan anda berjalan lancar, hubungi kami Lummy Organizer. Kami akan dengan senang hati membantu anda mewujudkan pesta pernikahan impian anda. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami

di nomor : 021-29670950 atau
email ke lummyorganizer@yahoo.com


319