Memangkas biaya nikah dengan bikin kartu undangan sendiri

Tips Solusi untuk cara memangkas biaya pernikahan agar menjadi lebih murah, tentu saja harus dengan cara menyiasati nya. salah satu cara nya yaitu, dengan membuat kartu undangan pernikahan sendiri. memang sih sedikit lebih merepotkan, Tapi dengan begitu kita akan mendapat pengalaman dan menjadi pelajaran yang menyenangkan dan tentu saja yang terpenting adalah dapat menghemat biaya pernikahan. berikut adalah langkah yang perlu anda persiapkan agar bisa mencetak undangan sendiri.


1. Merancang undangan Pernikahan sendiri


pertama yang pelu kamu lakukan adalah merancang undangan, merancang undangan itu tidak mesti menggunakan program yang biasa di gunakan oleh designer grafis seperti Photoshop, adobe Ilustrator, indesign, CorelDRAW, dll. bila kamu hanya terbiasa menggunakan program Ms word maka cobalah merancang dengan program tersebut, yang penting anda menguasai dan dapat berkreasi sendiri, jika kamu kebingungan memulai dari mana maka cobalah mencari di google search template yang sudah jadi dengan format Ms word, lalu kamu rubah sesuai selera. jika kamu masih kebingungan dan tdak dapat merancang sendiri alternatif lain adalah :

A. Meminta bantuan Teman

Kamu bisa meminta bantuan teman atau kerabat yang pintar dalam hal merancang Undangan, sebelum nya kamu perlu baik baikin terlebih dahulu ya, karena dalam merancang Design undangan membutuhkan kreativitas tinggi pastikan dalam mengerjakan nya dengan sepenuh hati, karena jika tidak hasilnya akan tidak maksimal.

B. Membeli Undangan Blangko

kartu undangan Blangko adalah design kartu undangan yang sudah tercetak dengan berbagai pilihan tema dan bahan, tetapi kartu undangan ini masih belum terdapat teks atau tulisannya, dengan undangan blangko ini kamu tinggal berkreasi kata kata pada undangan atau menyalin kata kata undangan yang sudah ada hanya tinggal menyesuaikan saja,
biasanya undangangan blangko di jual per pakck, 1 Pack isi 100 lembar kartu, dengan kisaran harga 100rb sampai 300rb dengan kualitas layak, ada pula dengan kisaran harga 50rb sampai 80rb per pack, namun biasanya kisaran harga terendah tersebut kualitasnya biasa saja dan tidak di rekomendasikan.

langkah selanjutnya kamu hanya menyiapkan untuk pencetakan nya, tentu saja mencetak sendiri dengan menggunaka printer di rumah atau di kantor tempat kamu bekerja. namun jika kamu memilih merancang sendiri atau bantuan teman, langkah selanjut nya adalah menentukan bahan kertas undangan.


2. Menentukan Bahan kertas undangan Pernikahan sendiri


menentukan ukuran dan jenis kertas dan jenis kartu undangan, untuk lebih mudah gunakan kertas ukuran A4 atau F4 maka anda tinggal atur apakah undangan mau A4 dilipat dua atau A4 dipotong dua, atau mungkin A4 dibagi tiga. beberapa jenis kertas yang cocok bagi kamu yang berencana membuat kartu undangan pernikahan sendiri adalah sebagai berikut. kertas jenis  Kertas HVS, Art Paper, Kertas Jasmine, Concorde, .

Kertas HVS

Kertas ini bertekstur halus, putih, serta tipis dengan ketebalan mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm. kertas ini yang paling umum digunakan perkantoran dan sekolah seperti dokumen, bahan kertas buku dll,

Kertas Art Paper & Matt Paper

Bahan kertas untuk brosur, karena permukaannya yang licin (artpaper), atau yang semi doff (matt paper). Selain karena licin, hasil yang dihasilkan juga bagus, karena raster kertasnya halus.

Kertas Art Carton

Kertas ini bertekstur halus,putih, licin dan mengkilap sedikit tebal. Ketebalan kertas ini mulai 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm, dan 310 gsm. Kertas ini biasa digunakan untuk Kartu nama, Cover Buku, Cover Majalah, Company Profile, Poster, Sertifikat, packaging Produk, Undangan dan masih banyak lainnya.

Kertas Jasmine

Kertas ini bertekstur halus, licin, mengkilap, dan ada partikel emas pada permukaan nya, biasa digunakan untuk Undangan dan Kartu Ucapan. Kertas ini banyak memiliki varian warna

Kertas Concorde

Kertas ini bertekstur kasar sedikit halus, dan memiliki permukaan timbul seperti membentuk garis. Kertas ini biasa digunakan untuk Sertifikat, Proposal, Surat Penting, dan lainnya. Kertas ini memiliki banyak varian warna yang soft. kertas Concorde dapat di peroleh di toko kertas dan toko buku.


3. Menentukan jumlah cetak undangan pernikahan


membuat daftar nama kerabat, teman, kenalan dll yang akan di undang. menyiapkan stiker untuk nama undangan, Jika kamu hanya ingin mengundang pasangan tamu, maka lebih baik pada stiker nama undangan tertulis bahwa undangan tersebut hanya berlaku untuk 2 orang. hal ini untuk mempermudah dalam mendata jumlah tamu yang mungkin akan hadir, Jika Anda ingin memperbolehkan mereka membawa keluarga, tambahkan kata “dan keluarga” di bagian belakang nama tamu yang diundang, tentu nya kamu telah mengetahui jumlah keluarga yang munkin akan hadir. setelah mendata semua tamu kamu akan mendapat kisaran jumlah kartu undangan,

4. Persiapkan kebutuhan kartu undangan yang di perlukan


  • kartu undangan ( jika undangn blanko yg di pilih )
  • List tamu undangan & printer,
  • Amplop plastic,
  • Label stiker nama,
  • Kartu ucapan terima kasih,
  • Souvenir + packaging,
  • Kartu RSVP dan Kartu nomor meja ( bila di perlukan ),


5. Mencetak undangan pernikahn sendiri


Hampir semua printer inkjet bisa digunakan untuk mencetak warna dengan hasil yang baik. Salah satu printer yang direkomendasikan diantaranya seperti merk Epson L120, Epson L310 atau Epson L800. Untuk merk Canon bisa G1000, atau kerabatnya Canon Pixma.

Gunakan High quality pada setingan cetak walau sedikit lambat namun hasil nya lebih baik, di banding menggunakan standard Quality walau pencetakan nya lebih cepat tapi hasilnya sedikit kurang prima.

Pastikan kertas yang bisa digunakan untuk printer pastinya kertas yang bisa menyerap tinta Dye Base atau tinta yang berbahan dasar air yang biasa yang dijual dipasaran.

Cetak satu untuk contoh Pastikan tidak ada tulisan yang salah baca baik-baik satu per satu untuk menghindari kesalahan pengetikan atau ukuran. jangan sampai setelah mencetak banyak hanya karena berubah tanggal atau pengetikan yang salah kamu hrus mencetak ulang, hal ini justru malah menjadi pemborosan dan biaya malah membengkak, karena undangan yang telah tercetak akan sulit di perbaiki.

Cetak lebih beberapa kartu undanagn, dari kisaran jumlah tamu yang telah di tetapkan, hal ini untuk jaga jaga jika ada penambahan tamu, atau kerusakan kartu undangan yang telah tercetak.


6. Bikin sendiri undangan Digital secara online di sini


Jika kamu ingin yang praktis tapi hemat kamu bisa memesan kartu undangan secara online Klik : http://www.calonku.com/kartu-undangan-online di sini kamu tidak hanya membuat sendiri  katu undangan digital, tapi juga dapat dipesan ke dalam versi cetak. dengan cara sebagai berikut Klik :  http://www.calonku.com/cara-membuat-undangan-pernikahan-digital-sendiri
Demikian paparan untuk Menyiasati biaya pernikahan agar menjadi murah, dengan membuat kartu undangan sendiri, semoga bermanfaat.




Komentar