Cara menentukan jenis kartu undangan sesuai tema pernikahan

Dunia kartu undangan pernikahan begitu beragam. untuk menghasilkan sebuah kartu undangan yang elegan. tidak hanya sebatas memiliki selera seni yang baik, tapi juga memahami secara prinsip teknik teknik dalam mencetak kartu undanagn atau elemen pendukung dalam kartu undangan, mengetahui jenis gaya tema undangan, mengetahui jenis kertas, dan lain sebagai nya. kami telah merinci berbagai jenis undangan pernikahan, sehingga, Anda dapat memilih yang terbaik. sebelum menentukan jenis gaya kartu undanagan, mari kita ketahui terlebih dahulu rekomendasi jennis kerta yang akan di gunakan,

Rekomendasi jenis kertas kartu undangan pernikahan.


A. Kertas daur ulang

Seringkali kertas daur ulang tidak dapat dibedakan dari kertas biasa, tetapi seluruhnya terdiri dari bahan yang digunakan ulang.

B. Kertas Card Stock

Populer di kalangan pencetak profesional dan undangan yang tebal lebih tebal dari kertas biasa

C. Kertas Concord

Kertas Concord adalah jenis kertas yang mempunyai ciri khas pada permukaannya yang penuh dengan serat garis serta permukaan bergelombang (tidak beraturan). Jenis kertas concord lebih lembek sehingga jika kertas jenis ini di lipat maka akan kelihatan sedikit patah-patah pada texture nya,

D. Kertas Linen

Jenis kertas linen terbagi menjadi dua yaitu linen lokal & linen impor. keduanya memilikikarakter tersendiri, Tampilan kertas linen ini sangat mirip dengan kertas buffalo yang terkesan memiliki permukaan yang kasar, sehingga terkadang bisa membingungkan bagaimana membedakannya. Jenis kertas linen selain bisa digunakan untuk kartu nama juga bisa digunakan untuk membuat cover agenda, notes atau buku.

E. Kertas Cotton fiber atau serat kapas

Terbuat sepenuhnya dari katun, kertas ini memiliki kemampuan untuk disesuaikan dengan letterpress yang sempurna.

F. Kalkir

Merupakan kertas tranparant yang biasa digunakan untuk merancang gambar. Dengan adanya kertas kalkir ini para pendesain dapat lebih mudah menyelasaikan gambar yang mereka buat dari penyelesaian sebuah desain, baik rancangan bangunan denah ataupun untuk proses pemfilman yang sering digunakan untuk percetakan.

Tentukan Gaya Pernikahan Anda


Ada begitu banyak arahan yang dapat kamu ikuti saat dalam membuat kartu undangan pernikahan. namun, ketika memilih gaya kartu undangan, sebaiknya sesuaikan dengan tema acara pernikahan yang akan di selenggarakan, dan pastikan kamu telah memahami karakter jenis kertas. sehingga dalam menentukan tema akan sesuai. sebelum menentukan jenis Kartu undangan, tentukan bentuk dan ukuran terlebih dahulu, Bentuk dan Ukuran Kartu undangan dengan bentuk persegi empat dengan ukuran 4,5 x 6,25 inci adalah ukuran dan bentuk umum kartu undangan pernikahan. pertimbangkan bahwa bentuk dan ukuran di luar standar dapat mempengaruhi biaya yang mungkin lebih mahal dan pembuatan nya lebih sulit seperti kartu undangan melingkar, bergigi dan persegi dll. pilihan jenis tema gaya kartu undangan adalah sebagai berikut

A. Tema Personal

merupakan kartu undangan pernikahan yang dibuat khusus, kamu dapat menampilkan sesuai dengan kesukaan atau hobi kamu. Jika kamu berdua pecinta alam misal nya, kamu dapat membuat undangan bertema alam. dalam undangan kamu dapat membuatnya menggambar versi sketsa, kartun atau foto berdua yang dapat Anda cetak pada undangan. undangan jenis ini sangat unik dan dapat memberikan ruang kreativitas yang luas.

B. Gaya Romantis

undangan pernikahan gaya romantis, kamu dapat menampilkan design undangan dengan ide pernikahan love story. perayaan fantasi Anda dengan undangan yang tampak seperti buku cerita. Ini bisa termasuk font dongeng klasik, ekspresi (Sekali waktu, bahagia selamanya), kereta labu dan / atau bunga.

C. Undangan tema Vintage


Gaya undangan pernikahan populer lainnya adalah tema klasik nuansa vintage. Untuk mendapatkan tampilan ini, Anda dapat bermain dengan berbagai tipografi, yang menggunakan tipografi gaya lama dan berbagai jenis bentuk menarik. Undangan vintage umumnya hitam dan putih atau memiliki nada sepia.


D. Tema Chic


Chic adalah gaya busana yang memadukan pengaruh hippie dengan tampilan modern. Undangan pernikahan chic cenderung mencakup dekorasi bunga dan berbagai warna yang agak pucat.

E. Gaya Cat air

Pernikahan Anda akan memiliki skema warna yang bagus, jadi mengapa tidak undangan pernikahan Anda? artistik dengan undangan pernikahan cat air. Gaya keren ini akan membuat kartu pernikahan Anda unik dan berkesan. Anda dapat memilih tampilan muda dengan garis-garis dan bercak atau tampilan lembut yang elegan.

F. Udangan Modern

Untuk mengacaukan segalanya, buat undangan pernikahan dengan sentuhan modern. Demikian pula dengan dekorasi pernikahan modern-chic, tambahkan warna-warna cerah, menyatukan berbagai jenis bentuk dan bahkan mungkin menambahkan beberapa garis.

G. Tema Wisata

Jika Anda memilih pernikahan tujuan, bawa undangan pernikahan Anda untuk ikut. Buat undangan tujuan-pernikahan dengan memilih gaya yang terlihat seperti pasport, kartu pos, tiket pesawat, atau pos udara. Anda juga dapat menyertakan gambar pesawat atau kapal untuk undanagan ini yang unik dan berkesan.

H. Tema Pedesaan


Sementara pedesaan mungkin terdengar sedikit seperti vintage, namun keduanya sebenarnya sangat berbeda. Undangan pernikahan pedesaan cenderung dicetak di atas kertas cokelat dan sering kali dibungkus dengan renda putih. Font dan format keseluruhan cenderung sederhana.

I. Undangan Minimalis


banyak pasangan muda lebih suka menampilkan ide kreatif mereka ke dalam perencanaan pernikahan dengan membuat undangan sederhana. Undangan pernikahan minimalis memiliki jenis tersendiri yang sederhana namun elegan.

Menentukan Jenis cetakan Kartu Undangan.

setelah kamu memiliki gambaran tentang gaya tema design kartu undangn yang akan di pakai, langkah selanjutnya, Tentukan jenis cetak yang akan kamu gunakan. apakah mencetak dengan printer rumah, cetak sablon, cetak offset atau digital printing. jika kamu berencana mencetak dan membuat katu undanagn sendiri gunakan dengan printer inkjet atau printer laser berkualitas tinggi, namun perlu di ingat tidak semua jenis printer dapat mencatak dengan bahan kertas tertentu, pencetakan offset adalah pilihan yang paling murah dan cepat jika untuk undangan pernikahan dengan jumlah banyak. Jika kamu ingin menggunakan bahan kertas yang lebih tebal, sebaiknya gunakan perusahaan percetakan digital atau cetak sablon,

A. Cetak undangan sendiri Dengan Printer.

terdapat dua jenis printer yang dapat kamu pilih untuk mencetak kartu undangan, yaitu jenis printer inkjet dan Laser. tidak semua jenis kertas dapat di cetak dengan printer jenis inkjet karena bahan tinta berbentuk cair namun. printer jenis laser hampir semua jenis kertas dapat di gunakan, karena jenis printer laser menggunakan jenis tinta bubuk dengan metode pemanasan pada saat proses pencetakan dengan hasil dan kualitas jauh lebih baik di banding printer jenis inkjet. sayang nya jenis printer ini jauh lebih mahal di banding jenis printer ink.

Jika kamu memutuskan untuk mencetak dengan printer rumahan, berarti penyusunan design, dan pembelian bahan dilakukan secara mandiri, atau jika ingin yang praktis kamu bisa membeli kartu undangan blanko lalu mencetak sendiri untuk isi undangan nya. perlu di ingat tidak semua jenis printer baik inkjet maupun laser dapat mencetak dengan ketebalan bahan kertas tertentu. pastikan printer yang kamu miliki atau membeli baru yaitu printer yang mampu dalam mencetak kartu undangan.

B. Cetak undangan Dengan Offset.

menyerahkan segala sesuatu kebutuhan cetak undangan pada perusahaan jasa peretakan offset mulai dari pemilihan bahan, proses cetak hingga finishing, kamu hanya menyampaikan ide kartu undangan yang di inginkan. penyedia jasa akan meng eksekusi sesuai permintaan. biasanya Minimal pemesanan kartu undangan ini berlaku.

C. Cetak undangan Dengan Teknik Sablon.

jika jumlah kartu undangan banyak namun tidak memiliki printer rumahan kamu bisa mggunakan jasa cetak sablon, dengan menyerhkan undangan blanko pada penyedia jasa sablon untuk mencetak isi undangan, biayanya lebih murah dan kualitas lebih baik dibanding mencetak dengan printer rumahan.

Elemen Pendukung Kartu undangan

Penggunaan elemen pendukung kartu undangan seperti penggunaan Embossing, Thermography, hotstamp, Letterpress dll, digunakan untuk mempercantik kartu undangan agar telihat elegan, namun penggunaan elemen ini harus sesuai dengan tema dengan komposisi yang pas, hingga menhasilkan katu undangan yang berkesan

A. Embossing

Pelat logam yang diukir dengan huruf dicap di atas kertas untuk membuat permukaan yang terangkat dan bertekstur. Tidak ada tinta atau foil yang digunakan, menjadikan metode ini terbaik saat mencetak alamat pengirim pada amplop, berbatasan dengan undangan, atau inisial untuk monogram.

B. Thermography

Bubuk resin ditaburkan di atas kertas saat tinta masih basah, dan keduanya meleleh dan melebur saat terkena panas, menciptakan permukaan yang terangkat. Metode ini populer karena meniru tampilan ukiran kuno tetapi dengan harga yang lebih murah.

C. Letterpress

Kertas ditekan menggunakan pelat. Metode ini akan menghasilkan teks atau gambar yang hanya sedikit dinaikkan.

D. Hotstamping

Hotstam atau biasa di sebut foil print, adalah teknik cetak di mana foil dipres dalam betuk gambar yang telah di buat ke permukaan dengan suhu tinggi pada media kertas. teknik ini untuk menghasil kan tampilan kesan emar, atau perak yang berbentuk gambar ornamen, hurus dll.

Demikian pembahasan seputar pemilihan hingga proses pengadaan kartu undangan. semoga bermanfaat, jangan lupa komen untuk bertanya. Terimakasih



Komentar